Rangkuman Bab 3
1. Berbagai Kemajuan
Teknologi
Fitur panggilan video dapat digunakan karena adanya
teknologi 4G yang mempunyai bandwith
dengan kecepatan akses yang tinggi. Tanpa kecepatan akses yang tinggi,
panggilan video akan terputus. Selain itu, pengguna juga memerlukan perangkat
yang dilengkapi dengan kemampuan untuk menjalankan video dari suara yang
berasal dari panggilan video tersebut.
a. Machine Learning
Machine
learning adalah teknik untuk menganalisis data yang mengajarkan komputer
berperilaku atau berpikir layaknya manusia atau binatang, yaitu belajar dari
pengalaman. Algoritma ini mempunyai sifat adaptasi yang memungkinkan komputer
meningkatkan perilakunya sebagai hasil dari proses belajar (learning). Algoritma
dari machine learning bekerja untuk
menemukan pola natural dari data, kemudian memberikan hal-hal dan simpulan
penting yang membantu pengguna untuk membuat keputusan dan prediksi yang lebih
baik. Semakin lama machine learning digunakan
dan semakin banyak data yang dipakai, hasil dari machine learning dapat semakin diandalkan.
b. Computer Vision
Computer
vision merupakan bagian dari artifical
intelligence yang mengembangkan teknik untuk membantu komputer dapat
melihat dan memahami konten gambar digital, seperti foto dan video. Deep learning merupakan bagian lain dari
machine learning. Dengan menggunakan
model-model training pada dataset yang besar, deep learning dapat meningkatkan kemampuan dari computer vision dalam mengenali dan
membedakan objek.
c. Natural
Language Processing (NLP)
Adalah
bagian dari teknologi artifical
inteligence yang memungkinkan suatu mesin membaca, memahami, dan mengetahui
arti bahasa manusia. Tujuan utama dari teknologi ini adalah menjembatani
komunikasi antara komputer dengan manusia menggunakan bahasa sehari-hari yang
digunakan oleh manusia. Digunakan pada beberapa aplikasi:
1) Chatbot
2) Program translate
3) Analisis sentimen
4) Search auto-complete
5) Descriptive
analytic
6) Search
auto-correct
7) Form
spelling check
d. Jaringan 5G
Jaringan
5G adalah generasi kelima dari teknologi jaringan mobile dan merupakan evolusi yang besar dari generasi sebelumnya,
yaitu jaringan 4G LTE. Latensi (waktu respons) adalah waktu yang dibutuhkan
oleh suatu perangkat untuk merespons sinyal dari perangkat lain dalam jaringan
nirkabel. Tiga kategori utama dari penggunaan teknologi 5G, di antaranya:
1) Komunikasi mesin
ke mesin secara masif
2) Komunikasi ultra-realiable
dengan latensi rendah
3) Meningkatkan
layanan telepon mobile
e. Internet of
Things (IoT)
Adalah
teknologi yang memungkinkan berbagai perangkat terhubung ke jaringan internet,
di mana perangkat tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan data ke dan
menerima data dari internet. Teknologi ini memungkinkan semua perangkat, baik
berupa mesin atau perangkat elektronik, dipantau dan dikontrol melalui
internet.
2. Electronic Commerce
Atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan
yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Marketplace
adalah halaman web internet yang memungkinkan setiap penggunanya membuka toko online dan menampilkan barang-barang
yang dijual di halamn web mereka.
3. Pembayaran Online
Adalah layanan di internet yang memungkinkan pengguna
melakukan pembayaran secara online ketika
melakukan transaksi di internet. Layanan finansial online memungkinkan penggunanya terhadap item-item yang dibeli
dengan menggunakan akun internet yang aman. Layanan PayPal memberikan kemudahan
kepada pengguna dalam melakukan pembayaran internet dan menjamin keamanan
transaksi di internet. Setiap pengguna tidak perlu memberikan nomor kartu
kredit mereka di halaman web penjual.
4. Internet Banking
dan SMS Banking
Adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan
menggunakan internet. Layanan internet
banking memungkinkan para nasabah bank melakukan transaksi perbankan di
internet. SMS banking adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan
menggunakan SMS. Layanan SMS banking memungkinkan
nasabah bank melakukan transaksi perbankan hanya dengan mengirimkan SMS ke
nomor tertentu yang disediakan oleh bank.
5. Pembayaran
Digital
Adalah metode transaksi atau pembayaran untuk barang
atau jasa melalui media digital atau elektronik, tanpa melibatkan alat
pembayaran cek atau uang tunai. Aplikasi-aplikasi pembayaran ini akan terus
berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan transaksi bisnis
yang lebih mudah, aman, dan nyaman. Beberapa metode:
a. Aplikasi pembayaran
mobile
b. Uang digital
c. Aplikasi
pembayaran dari media sosial
6. E-Government
Pemanfaatan teknologi informasi dan dan komunikasi
dalam bidang pemerintahan ditujukan untuk meningkatkan layanan pemerintah
kepada masyarakat (misalnya dalam urusan kependudukan) dan dunia usaha
(misalnya dalam urusan perizinan dalam berbagai bidang usaha).
7. Transportasi
Berbasis Online
Di Indonesia, layanan transportasi berbasis online dioperasikan oleh Gojek dan Grab.
Kehadiran layanan transportasi online membawa
perubahan pada cara pengguna memilih layanan transportasi. Transportasi online juga memberikan layanan penentuan
harga yang adil dan kualitas layanan yang baik.
8. Telepon Seluler
(ponsel)
Telepon seluler merupakan salah satu teknologi yang
sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Saat ini, dengan menggunakan smartphone, pengguna dapat berkomunikasi
dengan dunia luar di mana pun ia berada untuk melakukan berbagai kegiatan yang
membutuhkan internet.
9. E-Health
Adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
dalam usaha meningkatkan kesehatan dan perawatan kesehatan. Penerapan teknologi
informasi dan komunikasi dalam bidang kesehatan bertujuan untuk meningkatkan
kualitas layanan kesehatan yang diberikan kepada pasien sehingga tingkat
kesehatan dan waktu pemulihan semakin baik. Beberapa aplikasi layanan kesehatan:
a. Konsultasi
dokter online
b. Electronic
health record (EHR)
c. Clinical
decision support system (CDSS)
d. WebMD pain
coach
e. Glucose buddy
f.
uCheck
g. Clinical
trial seek
h. Healthy heart
2
i.
Kardia mobile (EKG)
j.
CDC
k. Operasi jarak
jauh
10. Mobil
Self-Driving
Teknologi ini memungkinkan kendaraan bergerak sendiri
tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi. Selain untuk kenyamanan, ide untuk
membuat kendaraan otomatis muncul dengan alasan keamanan berkendara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 90% kecelakaan di jalan raya yang banyak menimbulkan korban
disebabkan oleh kesalahan manusia. Oleh karena itu, mobil self-driving dikembangkan dengan beberapa tujuan. Beberapa teknologi
yang digunakan yang membuat mobil self-driving
dapat direalisasikan:
a. Sensor IoT
b. Konektivitas IoT
c. Algoritma perangkat lunak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar