Sabtu, 18 Juli 2020

Hari Pertama Pembelajaran Jarak Jauh

Saya Maliha Husniyyah Aqila Rifda kelas 8G absen 14 akan bercerita tentang hari pertama saya mengikuti  pembelajaran jarak jauh pada tanggal 13 Juli 2020.
Saya harus bangun lebih awal karena pjj sudah mulai pada pukul 06.50 pagi, saya bangun jam 05.15 lalu sholat shubuh. Setelah itu saya melakukan aktivitas yang lain sembari menunggu sarapan yang sudah siap, saat sarapan sudah siap saya makan dan selepas makan saya bersiap untuk mandi. Setelah mandi, masih ada waktu untuk bersiap siap sebelum mulai pjj, saya mempersiapkan buku, alat tulis, dan posisi camera. Pukul 06.50 dimulailah zoom.
Pertama, dimulailah berdoa dan dipimpin oleh ketua kelas dan ten labschool character. Setelah itu perkenalan wali kelas dengan murid-murid. Pak Adi selaku walas 8G memperkenalkan diri dan gantian murid-murid memperkenalkan diri satu persatu, setiap anak diminta untuk menyebutkan nama lengkap dan panggilan, hobi, tempat tinggal, dan harapan di kelas 8. Lalu pemilihan struktur kelas, mulai dari ketua kelas, wakil, sekretaris, dan bendahara. Tak lupa pemberian nama kelas. Dalam pemilihan sturktur kelas, dipecahlah murid-murid ke breakout room. Di dalam breakout room, berdiskusi tentang struktur kelas. Setelah diskusi dan pemilihan, tersusunlah struktur kelas 8G.
Waktu sudah menunjukkan pukul 09.00, waktu sudah habis untuk perkenalan wali kelas kepada murid-murid, Pak Adi pun leave dari zoom dan masuklah guru selanjutnya yaitu Pak Murdha. 
Jam pelajaran selanjutnya adalah seni budaya dan 8G giliran seni rupa, jadi Pak Murdha masuk ke zoom kelas 8G. Pak Murdha menanyakan kabar setelah di rumah berbulan bulan dan mengabsen, setelah itu mulai masuk kepada materi, materi yang pertama yaitu menggambar wajah, butuh keterampilan untuk menggambar wajah.
Pak Murdha menayangkan video tentang cara menggambar wajah, wah di video orang yang menggambar sangatlah bagus dan terampil, mulai dengan proporsi bagian per bagian, kemiripan wajah, dan teknik bayangan sangat dikuasai dengan baik. Yaa pantas saja kan sudah terlatih. Setelah selesai menonton video dan memperhatikannya, Pak Murdha memberikan tugas untuk menggambar wajah kita sendiri, lalu waktunya istirahat dan Pak Murdha menutup zoom.
Saat jam istirahat, saya menggunakan waktunya untuk meregangkan badan saya, mengistirahatkan mata saya sejenak, dan minum agar tidak kekurangan air. Lalu saya mulai menggambar karena deadline pengumpulan adalah pukul 15.00, pertama saya membuat sketch terlebih dahulu. Mungkin karena terlalu bersemangat, kertas saya sampai robek, jadi saya harus ulang menggambar sketch. Istirahat berlangsung selama 20 menit dan setelah istirahat adalah pelajaran PJOK.
Zoom dimulai kembali dan ada Pak Yudi, seperti biasa Pak Yudi menanyakan kabar dan mengabsen. Lalu Pak Yudi memberikan tentang informasi mengenai pembelajaran PJOK pada masa pandemi ini, Pak Yudi bilang bahwa pelajaran PJOK akan lebih banyak materi dari pada praktek. Yaa mungkin praktek sesekali agar murid-murid tidak hanya diam di rumah, tetapi tetap melaksanakan aktivitas olahraga. Lalu Pak Yudi memberitahu bahwa pertemuan selanjutnya akan praktek bulu tangkis, jadi murid-murid harus mengganti baju menjadi baju olaharga sebelum pelajaran PJOK dimulai. Setelah memberitahu semua infomasi mengenai pembelajaran PJOK, Pak Yudi menutup zoom lalu saya meneruskan menggambar dan mengumpulkan di google classroom jam 15.00.
Sekian cerita hari pertama pembelajaran jarak jauh pada 13 Juli 2020, semoga yang membaca menyukai cerita saya. Mohon maaf bila ada kata kata yang salah. Oh satu lagi terimakasih untuk guru-guru yang sudah bekerja keras dalam pjj ini, semoga pandemic ini cepat berakhir.
                                                 




1 komentar:

  1. hari pertama sekolah yg sangat berkesan, semoga wabah corona ini segera berakhir dan kita bisa kembali ke sekolah

    BalasHapus

Kegiatan INVITA

  Pada tanggal 28 April, SMP Labschool Jakarta mengadakan kegiatan non akademik bagi murid kelas 7 dan 8. Kegiatan tersebut yaitu kunjungan ...