Selasa, 29 September 2020

Tugas Essay

1.       Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?

= Algoritma adalah kumpulan langkah-langkah instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau persoalan. Algoritma merupakan alat komunikasi kita sebagai pengguna dengan komputer. Algoritma merupakan cara kita memerintahkan komputer untuk melakukan apa yang kita inginkan.


2.       Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

= a. Pseudocode

     Adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan.

   b. Flowchart

      Adalah diagram yang mewakili kumpulan dari instruksi-instruksi yang ditampilkan menggunakan simbol standar untuk menggambarkan instruksi yang berbeda.


3.       Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!

= -  Jalankan program RoboMind

-    Klik perintah Open Map, kotak dialog Open akan ditampilkan

-    Pilih Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea

-    Beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R.

-    Tambahkan kode-kode yang ditentukan

-    Untuk melihat apakah kode bekerja dengan baik, jalankan program tersebut.

 

4.       Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!

= Variabel adalah nilai-nilai yang perlu disimpan dalam suatu objek, tipe data adalah kumpulan benda atau objek yang dapat kita temui pada suatu data.

 

5.       Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!

= -  Jalankan Scratch dan buat program baru

-    Tambahkan variabel-variabel di blok Variables, akan ditampilkan di stages

-    Susun letak variabel-variabel tersebut

-    Pada blok Events, tambahkan blok perintah ‘When click’ ke block Code untuk mengatur cara menjalankan program

-    Tambahkan dua perintah hide variable pada blok Variables untuk menyembunyikan variabel JarakX dan JarakY

-    Tambahkan perintah ‘ask and wait’ pada blok Sensing

-    Tambahkan blok perintah set -1 to dan tambahkan blok perintah ‘answer’

-    Gunakan blok perintah yang sama untuk meminta dan menangkap nilai input untuk variabel Y1, X2, dan Y2

-    Pada blok Variables dan Operator, tambahkan blok perintah untuk menghitung nilai dari variabel JarakX, JarakY, dan Jarak.

-    Tambahkan perintah ‘say – for – second ‘ dan perintah ‘say’ dari blok Looks

-    Jalankan program dan berikan input


6.       Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!

= a. Boolean

      Suatu tipe data yang hanya mempunyai dua nilai. Yaitu true atau false (benar atau salah).

   b. Numerik

      Digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan atau angka.

   c. String

      Tipe data untuk teks yang merupakan gabungan huruf, angka, whitespace (spasi), dan          berbagai karakter.  

 

7.       Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!

= a. Tipe Data Numerik adalah data yang terdiri dari angka (0 – 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika.

   b.Tipe Data Teks adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A – Z, a – z), simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 – 9) yang tidak akan diproses secara matematika.

8.    Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!

     = START

        Move ‘Posisi Awal`

        WRITE ‘M’

        Move ‘Posisi Awal’

        WRITE ‘A’

        Move ‘Posisi Awal’

                WRITE ‘L’

Move ‘Posisi Awal’

WRITE ‘I’

         Move ‘Posisi Awal’

         WRITE ‘H’

         Move ‘Posisi Awal’

         WRITE ‘A’

          END

 

9.       Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!

= Tipe data boolean banyak digunakan untuk percabangan kode program, atau untuk memutuskan apa yang mesti dijalankan ketika sebuah kondisi terjadi.

 

10.   Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.

= Procedure M ()

(

PaintWhite

Forward (2)

Right

Forward (1)

Right

Forward (1)

Backward (1)

Left

Forward (1)

Right

Forward (2)

StopPainting

)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kegiatan INVITA

  Pada tanggal 28 April, SMP Labschool Jakarta mengadakan kegiatan non akademik bagi murid kelas 7 dan 8. Kegiatan tersebut yaitu kunjungan ...